Bukit Panguk Kediwung Wisata Alam di Yogyakarta Tepatnya di Kabupaten Bantul, sebuah wilayah di Jogjakarta yang belakangan jadi sorotan para traveler. Mengapa? Karena ada banyak destinasi menarik yang punya pesona menakjubkan yang tak kalah dengan objek wisata lain yang ada di Jogjakarta. Salah satu di antaranya ialah Bukit Panguk Kediwung.Penasaran seperti apa daya tarik yang dimiliki tempat wisata Bukit Panguk Jogja ini, yuk simak ulasan berikut selengkapnya.

Destinasi Wisata Baru di Bantul

Berada di kecamatan Dlingo – Bantulyang lebih dulu populer dengan destinasi wisata Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk Kediwung pun tak kalah menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Resmi dibuka secara umum pada bulan Mei 2016, tempa wisata Bukit Panguk Jogja ini langsung menjadi perbincangan netizen di sosial media. Hal ini karena view deretan perbukitan terlihatbegitu eksotis nan menawan memberikan kesejukan bagi yang memandang.

Letaknya yang berada di atas Tebing Batu Lawang membuat sinar matahari pagi yang menembus celah – celah perbukitan terlihat begitu menawan.Juga kabut pagi yangyang menyelimuti sungai Oyo yang ada di bawahnya terlihat seperti permadani putih yang membentang luas.Hal ini menjadikan Bukit Panguk Kediwung sebagai spotberburu sunrise dan juga tempat selfie keren di Bantul yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Untuk mendapatkan foto sunrise terbaik, Anda bisa datang ke tempat wisata Bukit Panguk Jogja ini ketika hari masih pagi. Anda pun bisa memanfaatkan gardu pandang yang dibangun mengelilingi bukit, sehingga hasil jepretan kamera foto yang didapat semakin maksimal.

Lokasi dan Rute Bukit Panguk Kediwung

Letaknya yang hanya berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Jogjakarta membuatnya tak susah dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Lokasi Bukit Panguk Kediwungsendiri beralamat di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul – Daerah Istimewa Jogjakarta.Akses jalan yang sudah cukup memadai membuat rute Bukit Panguk Kediwungtidak sulit untuk ditempuh. Terlebih lagi jika Anda pernah berkunjung ke Kebun Buang Mangunan atau Hutan Pinus di Mangunan sebelumnya.

Jika Anda berangkat dari pusat kota Jogjakarta, pilih ke arah menuju Terminal Giwangan, kemudian pilih jalur ke arah selatan menuju Imogiri.Kemudian pilih jalur kanan elum ke makam Imogiri menuju Kebun Buah Mangunan, dan ikuti petunjuk jalan yang tersedia.Lokasi Bukit Panguk Kediwungsendiri tak terlalu jauh dari Kebun Buah Mangunan hanya sekitar 2 km.

Nah apabila wisatawan yang ingin liburan ke jogja bersama keluarga atau secara rombongan untuk penikmati pemandangan alam yang menakjubkan di wisata alam Bukit Panguk Kediwung ini ada banyak pilihan paket wisata jogja dengan harga yang pastinya sangat terjangkau di kantong.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Bukit Panguk Kediwung

Meskipun merupakan destinasi wisata yang terbilang masih baru, namun tempat wisata Bukit Panguk Jogja ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Seperti gardu pandang, toilet umum, mushola serta tempat parkir yang cukup luas. Buat kamu yang mungkin kehausan atau lapar setelah menjelajahi keindahan Bukit Panguk Kediwung, tak perlu khawatir karena juga ada warung makan yang menyediakan jajanan di sekitar tempat wisata tersebut.

Soal harga tiket masuk Bukit Panguk Kediwung, tak perlu takut merogoh kocek terlalu dalam. Sebab, disini Anda hanya perlu membayar biaya parkir saja yang hanya sebesar Rp 2.000,-jika membawa roda dua. Dan hanya Rp 5.000,- jika Anda membawa roda empat. Di Bukit Panguk Kediwung, Anda bisa sepuas hati mengeksplorasi setiap sudut keindahan alamnya tanpa peduli siang atau kahmalam. Karena tempat wisata Bukit Panguk Jogja ini buka 24 jamdengan fasilitas yang sudah terbilang memadai.

Saat menjelajahi destinasi wisata alamkhususnya saat ke Bukit Panguk Kediwung. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, berikut tips singkat saat berwisata ke Bukit Panguk Kediwung.

  1. Momen terbaik untuk menjelajahi Bukit Panguk Kediwungadalabdi saat pagi, ketika matahari baru muncul di ufuk timur atau bisa juga saat sore hari ketika matahari sudah mulai turun. Selain bisa mengabadikan sunrise-nya yang cantik ketika pagi, saat sore suasananya tak terlalu terik berbeda saat siang hari yang panas.
  2. Jika ingin puas menjelajahi tempat wisata Bukit Panguk Jogja, pilih antata hari seninhingga jum’at. Sebab hari-hari tersebut termasuk hari kerja yang sibuk jadi sangat jarang orang berkunjung. Lain halnya ketika akhir pekan tiba, Anda bahkan akan sulit meski sekedar untuk berfoto.
  3. Tempat gardu pandang yang tinggi membuatnya cukup riskan, sehingga saat ingin berfoto di tempat tersebut usahakan jangan berebut dan budayakan untuk antre.
  4. Sebelum memutuskan pergi ke Bukit Panguk Kedawung, selalu siapkan kendaraan dan juga fisik dalam keadaan prima. Serta ikutlah untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Siapa yang mau liburan ke Bukit Panguk Kediwung? Untuk liburan keluarga bisa dengan rental mobil di jogja, atau untuk rombongan bisa dengan sewa bus di jogja. Nah untuk wisatawan backpacker bisa dengan sewa motor di jogja. Cukup murah bukan untuk liburan ke Jogja.